JAKARTA, indinews.id - Telkomsel sebagai penyedia layanan Telekomunikasi digital terdepan di Indonesia terus konsisten mengambil peran terdepan dalam mendukung program pemerintah, termasuk menyukseskan pelaksanaan HUT Ke-79 RI bertema “Nusantara Baru Indonesia Maju” yang akan berlangsung pada 17 Agustus di Ibu Kota Nusantara (IKN).
Untuk mendukung kenyamanan layanan telekomunikasi di IKN, Telkomsel telah menyiapkan jaringan telekomunikasi dan pelayanan dengan menghadirkan 49 Base Transceiver Station (BTS) teknologi terkini 5G dan 4G di IKN, termasuk Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) dan wilayah pendukung lainnya.
Telkomsel juga telah memastikan konektivitas bagi para pelanggan yang akan memasuki wilayah IKN dengan mengoptimalkan jaringan di dua kota penyangga IKN yakni Balikpapan dan Samarinda.
Upaya ini mencakup 10 area khusus seperti bandara, pusat perbelanjaan, penginapan, dan jalan utama yang menghubungkan kedua kota dengan IKN.
Direktur Network Telkomsel, Indra Mardiatna menyatakan bahwa dengan memastikan optimalisasi jaringan broadband terdepan, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan kenyamanan akses komunikasi di IKN serta mendukung transformasi digital di berbagai sektor termasuk dalam rangka mewujudkan visi IKN menjadi kota berkelanjutan di dunia yang memiliki kapabilitas smart city berbasiskan teknologi masa depan.
"Langkah ini selaras dengan visi dan misi Telkomsel untuk menghadirkan layanan terdepan yang memberdayakan masyarakat, serta mendukung pemerintah dalam upaya pemerataan pembangunan dan penyediaan infrastruktur yang mampu menjadi penggerak ekonomi Indonesia secara berkelanjutan," tutur Indra, Selasa (6/8/2024).
Tidak hanya itu saja, untuk mendukung kelancaran komunikasi dan memberikan pengalaman digital yang optimal, Telkomsel juga telah menyiapkan ketersediaan beragam produk dan layanan digital dengan menghadirkan pusat layanan pelanggan, termasuk booth di area kedatangan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan dan GraPARI Nusantara yang terletak di Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) IKN.
Titik layanan pelanggan tersebut menyediakan berbagai layanan mulai dari pembelian paket data, pembelian voucher fisik, isi ulang pulsa, pembelian SIM card prabayar dan eSIM, penggantian kartu hilang atau rusak, upgrade kartu uSIM 4G/LTE, pendaftaran baru pelanggan Telkomsel Halo (pascabayar), pembelian modem Orbit dan layanan IndiHome,
Titik layanan pelanggan tersebut juga melayani penukaran Telkomsel Poin, aktivasi jaringan 5G, hingga kebutuhan produk dan layanan Telkomsel lainnya yang dirancang untuk memberikan kemudahan akses bagi seluruh pelanggan dalam memenuhi beragam kebutuhan komunikasinya.
"Semua inisiatif yang kami lakukan, mulai dari kesiapan jaringan broadband terdepan hingga berbagai produk dan layanan inovatif, kami berharap dapat memberikan pengalaman komunikasi yang lancar dan efisien dalam memenuhi kebutuhan digital seluruh pelanggan di IKN, sekaligus menunjukkan kesiapan IKN sebagai pusat pemerintahan masa depan untuk mewujudkan Nusantara Baru Indonesia Maju," pungkas Indra. (han)