Notification

×

Dorong Digitalisasi Pajak dan Restribusi, Kota Manado terbaik 1 Championship TP2DD wilayah Sulawesi Tahun 2024

27 September 2024 | September 27, 2024 WIB Last Updated 2024-10-08T11:29:14Z

Rapat Koordinasi Nasional Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (Rakornas P2DD) tahun 2024 (Foto: Istimewa)


JAKARTA, indinews.id - Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Kota Manado berhasil memperoleh penghargaan peringkat 1 TP2DD Terbaik Tingkat Kota untuk wilayah Sulawesi. Penghargaan tersebut diberikan pada Rapat Koordinasi Nasional Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (Rakornas P2DD) tahun 2024 di Jakarta, Senin (23/9/2024).


Rakornas P2DD dengan tema "Digitalisasi Transaksi Pemda untuk Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Daerah” itu digelar Pemerintah Indonesia melalui TP2DD. Rakornas P2DD merupakan forum tertinggi antara pimpinan Kementerian/Lembaga anggota Satgas P2DD dan seluruh Kepala Daerah selaku Ketua TP2DD. 


Acara ini juga bertujuan untuk memperkuat komitmen dan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dalam percepatan implementasi digitalisasi diberbagai sektor guna mendorong pertumbuhan ekonomi nasional yang inklusif.


Acara dihadiri oleh Ketua Pengarah merangkap anggota Satgas P2DD Menko Perekonomian Airlangga Hartarto serta Anggota Satgas P2DD yaitu Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Mewakili Mendagri, Plt. Sekretaris Jenderal Kemendagri Tomsi Tohir, Menteri PAN dan RB Abdullah Azwar Anas, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Dalam Negeri, Bank Pembangunan Daerah (BPD), serta Pemerintah Daerah baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. 


Untuk wilayah Sulawesi Utara, terdapat beberapa pemerintah daerah yang diundang secara langsung (luring) yaitu Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Pemerintah Kota Manado, Pemerintah Kota Tomohon, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, dan BPD Sulutgo. 


Dalam kegiatan tersebut, TP2DD Kota Manado berhasil memperoleh penghargaan peringkat 1 TP2DD Terbaik Tingkat Kota untuk wilayah Sulawesi. Penghargaan langsung diterima oleh Asisten III Donald Supit didampingi oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara, Bapak Andry Prasmuko. 


Selain itu, pencapaian lainnya yang diperoleh oleh TP2DD wilayah Sulawesi Utara dalam Rakornas P2DD Tahun 2024 sebagai berikut:


Peringkat 3 TP2DD Terbaik Tingkat Kota di wilayah Sulawesi: TP2DD Kota Tomohon 


Peringkat 3 TP2DD Terbaik Tingkat Provinsi di wilayah Sulawesi: TP2DD Provinsi Sulawesi Utara


TOP 5 TP2DD Terbaik Tingkat Kabupaten wilayah Sulawesi: TP2DD Kabupaten Minahasa Utara 



Dalam Rapat Optimalisasi Pengelolaan Pendapatan Daerah serta Penguatan Komitmen Perluasan Digitalisasi Daerah Provinsi Sulawesi Utara yang diadakan pada Jumat 27 September 2024 di hotel Aston Manado, Raja Alfredo Siregar Plt. Analis BI Sulut menyampaikan bahwa penghargaan ini merupakan hasil sinergi dan kolaborasi yang baik antara BI, Pemda, dan instansi terkait lainnya dalam percepatan digitalisasi transaksi di Sulawesi Utara. 


"Pencapaian ini tidak lepas dari peranan BI dan Pemda dalam menyusun roadmap dan rencana aksi program strategis TP2DD, study visit, capacity building, dan High Level Meeting  yang dihadiri pimpinan daerah," kata Raja Alfredo Siregar, Jumat (27/9/2024).


Raja juga menyampaikan harapan agar prestasi ini dapat terus dipertahankan bahkan ditingkatkan untuk mencapai pemerataan digitalisasi di daerah dan akselerasi implementasi elektronifikasi transaksi pemerintah daerah dalam rangka memperkuat akuntabilitas demi mewujudkan Sulut Maju dan Sejahtera. (han)


CLOSE ADS
CLOSE ADS
close