Notification

×

IAIN Manado Jadi Tuan Rumah The 2nd International Conference on Islamic Economics and Sustainable Development 2024

17 Oktober 2024 | Oktober 17, 2024 WIB Last Updated 2024-10-17T08:48:10Z

Pembukaan The 2nd International Conference on Islamic Economics and Sustainable Development (ICI-SD) 2024 (Foto: Istimewa)


MANADO, indinews.id - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado jadi tuan rumah penyelenggaraan The 2nd International Conference on Islamic Economics and Sustainable Development (ICI-SD) 2024 


Konferensi Internasional tentang Ekonomi Islam dan Pembangunan Berkelanjutan itu resmi dibuka pada Kamis (17/10/2024) di Aston Hotel Manado. Acara yang berlangsung dari 16 hingga 19 Oktober 2024 ini diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Manado bekerja sama dengan Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (AFEBIS), UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.


Ketua Panitia ICI-SD Nur Shadiq Sandimula dalam laporannya menyebutkan bahwa konferensi ini berhasil menarik partisipasi sejumlah 23 paper adapun total peserta ICI-SD dan Konsorsium sekitar 120 peserta. Kegiatan ini didanai oleh DIPA IAIN Manado.


Dekan FEBI IAIN Manado, Radliyah Hasan Jan dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur, bangga, dan terhormat sebagai tuan rumah penyelenggaraan event internasional ini di IAIN Manado. 


"Tema konferensi yang berkaitan dengan ekonomi Islam dan pembangunan berkelanjutan sangat relevan dalam menghadapi tantangan global yang terus berubah," kata Dr. Radliyah Hasan Jan, M.Si.


Ketua AFEBIS, Prof. Dr. Tulus Suryanto, MM, Akt. CA, dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah Kota Manado atas dukungan yang diberikan. AFEBIS, yang terdiri dari 45 perguruan tinggi, berfokus pada pengembangan sumber daya manusia dan penguatan institusi, termasuk pendampingan dalam proses akreditasi dan peningkatan reputasi.


Rektor IAIN Manado, Prof. Dr. Ahmad Rajafi, M.H.I, yang diwawancarai melalui WhatsApp oleh tim humas, menyampaikan dukungan dan apresiasi penuh atas terselenggaranya konferensi internasional ini. Beliau menekankan pentingnya peran IAIN Manado dalam kancah internasional demi kemajuan institusi.


Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Manado Micler Cs Lakat, yang menyatakan bahwa konferensi ini memiliki dampak penting tidak hanya di level nasional, tetapi juga di ASEAN dan internasional. 


"Harapannya agar ekonomi Indonesia semakin kuat melalui kontribusi dari ekonomi Islam yang ditawarkan oleh IAIN Manado dan AFEBIS," ujar Dr. Micler Cs Lakat, SH., MA.


Doa pembukaan dibawakan oleh Ustadz Rizal Dj. Kasim, M.Si. Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor I IAIN Manado, Dr. Edi Gunawan, M.H.I, Dekan FTIK, Dr. Arhanuddin, M.Pd.I, Dekan Fakultas Syariah, Prof. Dr. Rosdalina, M.Hum, Dekan FUAD, Dr. Sahari, M.APd.I serta Ketua LPM IAIN Manado, Dr. Mutmainah, M.Pd. Para peserta konferensi terdiri dari dekan FEBI, para wakil dekan, kaprodi, dan sekprodi dari berbagai PTKIN di seluruh Indonesia.

(han)


CLOSE ADS
CLOSE ADS
close