Notification

×

Indosat Terus Bertransformasi dari Perusaahan Telekomunikasi Menjadi Perusahaan Teknologi Berbasis AI

20 Oktober 2024 | Oktober 20, 2024 WIB Last Updated 2024-10-20T13:42:31Z

UiPath, penyedia solusi otomatisasi dan AI B2B terkemuka di dunia, mengumumkan kemitraan dengan Indosat untuk membekali 100 ribu talenta digital di Indonesia dengan kemampuan otomatisasi (Enterprise Automation) hingga tahun 2027 (Foto: Istimewa)


MANADO, indinews.id - Perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan akan membuatnya semakin mudah diakses dan digunakan oleh bisnis untuk memperlancar ragam kegiatan, termasuk layanan konsumen.


AI telah menjadi inovasi teknologi yang sangat kuat untuk kekuatan bisnis di segala sektor. Manfaat artificial intelligence ini semakin dapat dirasakan untuk memudahkan berbagai kebutuhan bisnis yang unik dan berbeda-beda.


Semakin meningkatnya tujuan dan kebutuhan bisnis, teknologi yang digunakan pun semakin canggih. Kini, bisnis dapat merasakan manfaat penggunaan teknologi baik untuk pengelolaan data, hingga mengambil keputusan terbaik.


Untuk itulah, sepanjang tahun 2024 ini, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) terus bertransformasi dari perusaahan Telekomunikasi menjadi perusahaan teknologi berbasis AI dengan melakukan beberapa kerjasama tentang pengembangan digital dengan tujuan untuk mendukung pengembangan AI, aplikasi industri, pembangunan ekosistem, dan pengembangan kompetensi talenta.


Diawali dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Huawei pada Februari lalu. Penandatanganan MoU ini dilakukan pada Mobile World Congress (MWC) 2024 di Barcelona. Kedua belah pihak sepakat bahwa AI telah menjadi pendorong kemajuan teknologi global saat ini dan gelombang transformasi industri. AI juga memiliki pengaruh besar pada transformasi industri serta kehidupan manusia.


Lewat kolaborasi bersama Indosat, Huawei berkomitmen terus membuat terobosan dalam public cloud dan aplikasi AI serta menyediakan layanan yang lebih beragam untuk pengguna dan bisnis lokal. Layanan ini didukung oleh pengalaman teknis dan komersial Huawei di bidang public cloud dan AI. 


Antusiasme Indosat dan Huawei bekerja sama mengembangkan cloud, mitra ekosistem AI, dan talenta AI bertujuan untuk memberdayakan berbagai industri dan mempromosikan pengembangan ekonomi digital di Tanah Air.


Selanjutnya, Indosat group berkolaborasi dengan NVIDIA dalam membentuk lanskap teknologi dan mendorong Indonesia ke barisan terdepan revolusi Artificial Intelligence (AI) pada skala global, memasuki tahapan baru era inovasi dan digitalisasi.


Bersama-sama, Indosat dan NVIDIA akan mendorong Indonesia menjadi yang terdepan dalam komunitas AI Cloud tingkat global, menuju era baru inovasi dan digitalisasi. 


Dengan menjadi NVIDIA Cloud Provider Partner pertama di Indonesia, Indosat, melalui anak usahanya, Lintasarta, akan menghadirkan platform AI full-stack NVIDIA untuk pelaku bisnis di Tanah Air dan memberikan akses ke teknologi GPU termutakhir dari NVIDIA dengan pusat data high-density yang terkoneksi dengan internet publik dengan kecepatan hingga 400 Gbps. 


Nantinya, layanan AI Cloud milik Indosat dan Lintasarta yang didukung oleh NVIDIA akan mengembangkan pusat data generasi baru yang berkelanjutan, hyper-connected dan dilengkapi kecerdasan buatan. GPU-as-a-Service (Deka GPU) milik Lintasarta menyediakan akses ke kemampuan AI/Machine Learning paling mumpuni yang didesain khusus untuk pekerjaan komputasi berat, termasuk penyediaan infrastruktur, platform, dan layanan bare metal. 


Kapabilitas ini akan memastikan layanan supercomputing cloud yang andal, serta memanfaatkan AI untuk menciptakan inovasi bagi penggunanya.


Kemudian, melajutkan kolaborasi strategisnya dengan NVIDIA di Mobile World Congress 2024, pada bulan Februari lalu, Indosat Group menyatakan kesiapan untuk mengintegrasikan platform NVIDIA Blackwell ke dalam infrastrukturnya, dengan tujuan memberdayakan Indonesia ke era baru kemajuan teknologi berbasis kedaulatan AI. 


Adopsi platform NVIDIA Blackwell akan mempertegas langkah Indosat dalam mendorong pemanfaatan AI dan machine learning di Indonesia sebagai penggerak inovasi, pertumbuhan ekonomi, serta kedaulatan bangsa. Dengan teknologi transformatif platform Blackwell, Indosat siap untuk membawa gelombang inovasi dalam layanan AI cloud di Indonesia.


“Integrasi produk NVIDIA Blackwell ke dalam infrastruktur kami menegaskan komitmen kami terhadap kemajuan teknologi dan kedaulatan nasional. Dengan teknologi Blackwell, kami satu langkah lebih dekat ke tujuan besar kami dalam memberdayakan Indonesia dan memimpin perubahan dalam kedaulatan AI, mendorong inovasi, pertumbuhan ekonomi, dan kemakmuran bagi generasi mendatang," kata Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, beberapa waktu lalu.


Melalui integrasi platform NVIDIA Blackwell ke dalam infrastrukturnya, Indosat memberdayakan ekosistem bisnisnya dan mempersiapkan dasar bagi Indonesia untuk sebagai pemimpin global dalam kedaulatan AI. 


Dengan memanfaatkan kekuatan pemrosesan platform Blackwell NVIDIA, Indosat dapat membuka peluang baru, membantu bisnis di berbagai industri memanfaatkan potensi penuh AI dan machine learning sebagai pendorong produktivitas, efisiensi, dan inovasi.


Tidak berhenti sampai disitu saja, Memperingati Hari Kebangkitan Nasional pada Mei lalu, Indosat bersama Twimbit, sebuah perusahaan riset dan konsultasi terkemuka, meluncurkan laporan khusus berjudul, “Empowering Indonesia Report 2024”. 


Mengusung tema “Growth Beyond Metropolitan”, laporan ini fokus pada ambisi Indosat menjadi pendorong utama dalam pemberdayaan Indonesia melalui implementasi teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk pertumbuhan ekonomi.


Empowering Indonesia Report 2024 mengusung lima inisiatif strategis yang diperlukan untuk melakukan transformasi secara berkelanjutan menuju visi Indonesia Emas 2045, meliputi pemanfaatan potensi kota sekunder, peningkatan ekonomi digital hingga pelosok pedesaan di area rural, penguatan peran UMKM, peningkatan teknologi dalam sektor pertanian, serta pemberdayaan perempuan. Berdasarkan riset, diproyeksikan bahwa ekonomi digital Indonesia akan mencapai Rp1,8 triliun pada tahun 2027.


Indosat dan Twimbit juga membuka kesempatan bagi anak muda yang ingin berkontribusi di bidang teknologi melalui program “Youth-Tech Challenge Competition”. Sebagai bagian dari persiapan, Indosat akan menggelar acara grand launching dan roadshow di berbagai kampus. 


Kompetisi ini bertujuan untuk menciptakan solusi inovatif yang didukung oleh teknologi guna mengatasi tantangan nasional di berbagai bidang, seperti perkotaan, pertanian, pendidikan, UMKM, dan pemberdayaan perempuan.


Kompetisi ini akan dibagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap pendahuluan, semifinal, dan final. Para peserta akan dibimbing melalui serangkaian sesi mentorship dan kesempatan untuk melakukan kolaborasi dengan para profesional industri. 


Mereka akan diberikan kesempatan memilih satu dari beberapa studi kasus dari Empowering Indonesia Report 2024, yang terfokus pada pertumbuhan ekonomi Indonesia.


Indosat kemudian melanjutkan kerja sama strategis jangka panjangnya bersama Google Cloud dengan tujuan mempercepat transformasi Indosat dari Telco menjadi AI Native TechCo. 


Kolaborasi ini akan menggabungkan jaringan yang luas, operasional, serta dataset pelanggan dengan AI stack terpadu milik Google Cloud untuk memberikan pengalaman mengesankan kepada lebih dari 100 juta pelanggan Indosat, serta solusi AI bagi perusahaan dan AI generatif (GenAI) untuk bisnis di seluruh Indonesia.


Dalam kerja sama ini, Indosat dan Google Cloud berkolaborasi menginisiasi inovasi dalam menghasilkan solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tantangan pasar di Indonesia.

 

Pada Juni 2024, Indosat melalui Indosat Business, bersama dengan anak perusahaannya, Lintasarta memperkenalkan solusi teknologi berbasis kecerdasan buatan dalam Rapat Kerja Teknologi Informasi (Raker TI) Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) bersama Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) yang diadakan pada tanggal 12-14 Juni 2024 di Nusa Dua, Bali.


Acara tahunan yang mengangkat tema “Penerapan Artificial Intelligence (AI) dan Keamanan Infrastruktur Informasi Vital untuk Mendukung Pencapaian Target Hulu Migas" ini dihadiri oleh seluruh Perusahaan Migas dan sekitar 70 perusahaan KKKS Hulu Migas.


Indosat Business menggunakan kesempatan ini untuk memperkenalkan sejumlah solusi dalam penerapan AI guna mendukung pencapaian target Hulu Migas di Indonesia.


Pada kesempatan itu, Indosat Business mendemonstrasikan beberapa solusi teknologi berbasis AI yang dimiliki di antaranya:


- High Resolution Seismic through AI Technology


- Connected Workers Through AI


- Indosat Condition Based Monitoring and Predictive Maintenance


- Indosat AI Cloud: AI-based Legal Contract Analysis

 

- Indosat Intelligent Surveillance 

 

- Lintasarta Cloudeka Deka GPU Infra 


“Solusi Indosat Business dibuat dengan mempertimbangkan alokasi sumber daya terbaik, pengurangan dampak lingkungan, dan maksimalisasi hasil produksi. Tujuannya adalah membentuk kembali industri minyak dan gas dengan memanfaatkan teknologi AI agar lebih tangguh, mudah beradaptasi, dan berkelanjutan di masa depan. Hal ini sejalan dengan tujuan besar Indosat dalam memberdayakan Indonesia,” tutur Director and Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Muhammad Buldansyah.


Di akhir Juli 2024, Indosat mengumumkan kemitraan strategis dengan AionOS, perusahaan patungan antara InterGlobe dan Assago Group yang bertujuan untuk mentransformasi bisnis menjadi perusahaan berbasis AI. Kolaborasi ini menginisasi AI3  - kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk Indonesia oleh Indosat – memperkenalkan berbagai solusi termutakhir berbasis AI.


Dengan basis pelanggan yang luas dan investasi awal dalam jaringan siap AI, Indosat memiliki landasan kuat untuk kemitraan ini. Keahlian AIonOS dalam kecerdasan buatan, teknologi, dan pengetahuan mendalam akan mempercepat tujuan Indosat untuk memberdayakan Indonesia, menjadikan Indosat sebagai penggerak utama transformasi AI di Indonesia. 


Dengan kerja sama ini, Indosat dan AionOS akan membawa Indonesia ke era baru kemajuan teknologi dan inovasi digital. Bersama, Indosat dan AionOS menargetkan untuk menjadikan AI dapat diakses, bermanfaat, dan dapat mendukung transformasi bisnis dan masyarakat, menjadi acuan integrasi AI dan pertumbuhan di Indonesia.


Indosat kemudian mencatatkan tonggak sejarah baru dalam perjalanan transformasi digitalnya melalui peresmian Digital Intelligence Operations Center (DIOC). Fasilitas termutakhir ini menandai kemajuan signifikan bagi komitmen Indosat menggunakan kecerdasan buatan (AI) dalam memberikan pelayanan terbaik bagi lebih dari seratus juta pelanggan di seluruh Indonesia.


DIOC diresmikan oleh Vikram Sinha, President Director and CEO, Indosat Ooredoo Hutchison, beserta jajaran manajemen dan komisaris Indosat Ooredoo Hutchison, serta Simon Lin, President Huawei Asia-Pacific Region dan jajarannya. 


Peresmian ini juga sekaligus menegaskan kerja sama strategis antara kedua belah pihak. DIOC didirikan sebagai pusat operasi jaringan Indosat untuk menyediakan real-time insights dan manajemen layanan proaktif, menggabungkan keandalan fungsi Network Operations Center (NOC) dan Service Operations Center (SOC).


Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan Digital Intelligence Operations Center menandai babak baru dalam mewujudkan ambisi Indosat untuk menjadi perushaan telekomunikasi berbasis AI. Melalui DIOC, Indosat tidak hanya meningkatkan kinerja jaringan, tetapi juga merevolusi pelayanan pelanggan. 


"Integrasi teknologi canggih dan pengembangan talenta, menjadi kombinasi dalam menetapkan standar baru dalam kinerja jaringan dan kepuasan pelanggan. Kolaborasi ini menjadi kunci untuk mewujudkan misi kami dalam menghubungkan dan memberdayakan setiap masyarakat Indonesia melalui konektivitas digital,” tutur Vikram.


Keunggulan fungsi DIOC dalam memberikan Real-time Network Insights, memungkinkan Indosat beralih dari penyelesaian masalah reaktif ke manajemen layanan proaktif dengan data waktu nyata untuk mengoptimalkan kinerja jaringan. 


DIOC juga menyediakan End-to-End Service Management, termasuk kinerja, pengalaman aplikasi, dan kualitas layanan, yang mempercepat penyelesaian masalah pelanggan. 


Kemampuan DIOC untuk mengintegrasikan analisis data dan teknologi mutakhir mendorong Data-Driven Innovation yang berkelanjutan, memungkinkan Indosat mengembangkan produk dan layanan baru yang berfokus pada pelanggan, serta memimpin dalam kemajuan layanan digital.


Peresmian ini juga memperkuat kemitraan antara Indosat dan Huawei, dengan tujuan bersama untuk meningkatkan infrastruktur jaringan, mempercepat transformasi digital, dan mengembangkan talenta unggul bagi masa depan digital Indonesia. 


Solusi ICT canggih dan kepemimpinan teknologi Huawei akan membantu Indosat membangun jaringan yang berorientasi masa depan, otomatis, dan cerdas, memastikan fleksibilitas untuk memenuhi kebutuhan digital pelanggan yang dinamis.


Indosat terus menegaskan komitmennya untuk bertransformasi dari Telco menjadi AI Native TechCo dengan memaksimalkan penggunaan kecerdasan buatan (AI) di seluruh operasional perusahaan. 


Melanjutkan kemitraan strategis dengan Microsoft, Indosat menggunakan Copilot for Microsoft 365, asisten kecerdasan buatan terintegrasi, untuk meningkatkan produktivitas dan menghubungkan masyarakat di seluruh kepulauan Indonesia.


Copilot for Microsoft 360 menyederhanakan berbagai pekerjaan seperti mengatur jadwal pertemuan, merangkum notulen rapat, menyiapkan email, dan banyak lagi. 


Penggunaannya di Indosat kini meluas dari Divisi Digital ke Divisi lain termasuk Sumber Daya Manusia (SDM), Business-to-Business (B2B), dan Jaringan. Dalam transformasi dari Telco ke AI Native TechCo, Indosat didukung oleh Microsoft dalam memanfaatkan Copilot untuk meningkatkan dampak bisnis dan kontribusi strategis terhadap konektivitas digital.


Indosat terus melanjutkan komitmennya dalam mewujudkan tujuan besar memberdayakan Indonesia dengan meluncurkan AI Experience Center pertama Indonesia yang bertempat di Solo Technopark, Solo, Jawa Tengah. 


Fasilitas dengan teknologi termutakhir ini didukung oleh konektivitas 5G, menjadi bentuk nyata komitmen Indosat dalam membentuk masa depan Indonesia sebagai negara berdaya AI, serta memposisikan Indonesia sebagai pemain kunci di komunitas AI global.


Momentum ini menandai kemajuan Indonesia dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045 melalui pemanfaatan teknologi canggih, dengan konektivitas 5G sebagai tulang punggung transformasi ini.

 

Bermitra dengan perusahaan teknologi global seperti Huawei, Indosat AI Experience Center memamerkan teknologi AI terkini yang dapat diaplikasikan di berbagai sektor, termasuk smart city management yang mengoptimalkan jaringan 5G Indosat, seni, industri makanan, serta industri kreatif. 


Tidak hanya untuk menunjukkan inovasi terkini dari AI, experience center ini juga akan berfungsi sebagai pusat pelatihan yang menawarkan program bagi pelajar, aparatur sipil negara, hingga masyarakat luas untuk mempelajari manfaat AI untuk meningkatkan produktivitas dan membuka peluang baru.


Fasilitas ini akan menjadi awal bagi AI Center of Excellence yang direncanakan didirikan oleh Indosat dalam waktu dekat, yang mana juga akan didukung oleh teknologi 5G. Komitmen Indosat dalam memajukan teknologi termutakhir di Solo diawali pada tahun 2021 melalui peluncuran layanan 5G, yang diikuti oleh penetapan Solo Safari sebagai kebun binatang 5G pertama di Indonesia.


Berlandaskan tujuan besar Indosat dalam memberdayakan Indonesia, AI Experience Center ini akan menjadi katalis bagi inovasi, memperkuat pengembangan sumber daya manusia siap AI, dan membawa manfaat bagi masyarakat dari pemanfaatan AI.


Indosat AI Experience Center tidak hanya hadir sebagai simbol era baru perjalanan revolusi teknologi di Indonesia, namun juga awal perjalanan kebangkitan Indonesia sebagai pemimpin AI. 


Dengan fasilitas ini, Indosat tidak hanya berinvestasi pada teknologi, namun juga bagi masa depan bangsa, memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia untuk membuka peluang tanpa batas yang didukung oleh AI dan 5G, serta mendorong masa depan Indonesia yang lebih cerah dan inovatif.


Sebagai komitmen Indosat untuk menjadikan Indonesia negara berdaya kecerdasan buatan (AI) dan memposisikan Indonesia sebagai pemain kunci di kancah komunitas global AI, anak perusahaan Indosat, yaitu Lintasarta, Luncurkan GPU Merdeka, AI Cloud Berdaulat Pertama dan Tercanggih yang Didukung oleh NVIDIA untuk Berdayakan Indonesia.


Lintasarta, perusahaan Information and Communication Technology (ICT) total solutions terkemuka di Indonesia, meluncurkan produk baru Lintasarta, GPU Merdeka (Graphics Processing Units) pada Rabu (21/8/2024) lalu di Hotel Kempinski, Jakarta. 


GPU Merdeka sebagai GPU-as-a-Service (GPUaaS) untuk infrastruktur AI, merupakan Sovereign AI Cloud dari NVIDIA yang dirancang sebagai supercomputing cloud dengan teknologi canggih dan terdepan di Indonesia.

 

Peluncuran GPU Merdeka, merupakan bagian dari bukti komitmen mewujudkan tujuan besar Lintasarta dan Indosat Group dalam memberdayakan Indonesia. Peluncuran ini juga merupakan bagian dari ekspansi strategis perusahaan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan NVIDIA pada awal 2024 silam. 


Hal ini juga menegaskan status Lintasarta sebagai Nvidia Cloud Partner (NCP) dalam NVIDIA Partner Network sejak Mei 2024. GPU Merdeka akan menghadirkan infrastruktur dan platform AI cloud untuk pelaku bisnis nasional serta akses ke GPU tercepat dari NVIDIA dengan data center high-density yang ada di market saat ini. 


Hal ini juga akan memberikan akses pada kemampuan dalam bidang GenerativeAI, machine learning, rendering, dan aplikasi computer aided design (CAD) dengan spesifikasi superior, biaya yang optimal, dan pemanfaatan energi yang efisien.



GPU Merdeka hadir dengan infrastruktur yang berada di dalam negeri, dikelola perusahaan dari Tanah Air, dan dioperasikan oleh tenaga TI profesional berbakat anak bangsa, serta mendukung pertumbuhan industri serta ekosistem nasional. Lintasarta juga akan menghadirkan AI Nation Program yang bertujuan untuk mempercepat adopsi dan pengembangan teknologi AI dengan membangun ekosistem AI yang kuat serta berkelanjutan.



Atas keberhasilan Indosat dalam mengembangkan dan mengimplementasikan teknologi berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), sehingga karyawan tidak menjadikan AI sebagai ancaman, melainkan sebagai sahabat, Indosat kembali meraih penghargaan di ajang bergengsi Stevie Awards 2024 untuk kategori HR Department of the Year. Indosat menjadi satu-satunya perusahaan dari Indonesia yang memenangkan kategori ini.


Indosat telah mengimplementasikan AI dan Robotic Process Automation (RPA) untuk meningkatkan produktivitas karyawan dengan mengambil alih tugas-tugas repetitif. Tugas administratif yang sebelumnya membutuhkan waktu satu hari kini hanya memerlukan waktu sepuluh menit.


Indosat juga memiliki asisten virtual AI bernama “ASTRID” (Assistant for Robotic Administration Indosat), yang tidak hanya mampu mengelola data, mengintegrasikan aplikasi untuk menghasilkan talent predictive analytics, tetapi juga mampu menunjukkan empati dengan menjawab pertanyaan harian karyawan dan mengirim pesan dukungan yang personal kepada karyawan-karyawan yang membutuhkan. 


Hingga saat ini, lebih dari 3.100 pesan telah dikirim, menciptakan komunikasi yang kuat dan personal antara Indosat dan para karyawannya.

 

Penerapan teknologi berbasis machine learning dan generative AI juga digunakan untuk mengembangkan Career Simulator, yang dapat membantu karyawan merencanakan karir agar lebih terarah. Alat ini dapat merekomendasikan program pengembangan yang tepat untuk mencapai tujuan karir.


Dengan adanya AI empatik ini, karyawan dapat lebih fokus pada pekerjaan strategis, pengembangan diri, memperkuat relasi, dan mencapai kesejahteraan yang lebih seimbang. 


Sebagai hasilnya, tingkat kepuasan karyawan mencapai 94 persen dan Employee Net Promoter Score (eNPS) yang tinggi mencerminkan loyalitas dan komitmen yang tinggi kepada perusahaan.


Stevie International Business Awards adalah program penghargaan global yang diselenggarakan oleh sebuah organisasi yang berbasis di Amerika Serikat. Penghargaan ini mengakui prestasi dalam berbagai aspek di tempat kerja di lebih dari 60 negara. Penilaian dilakukan oleh panel juri yang terdiri dari eksekutif dan profesional terkemuka dari seluruh dunia.


Masih terus bertransformasi, Indosat Group, melalui anak usahanya Lintasarta, telah menjalin kemitraan strategis dengan Accenture (NYSE: ACN) untuk mempercepat pengembangan platform cloud AI berdaulat, yang bertujuan mendorong transformasi digital berbasis AI di Indonesia.


Inisiatif ini memanfaatkan platform Accenture AI Refinery™ untuk membantu perusahaan-perusahaan Indonesia membangun solusi AI yang mutakhir, disesuaikan untuk kebutuhan berbagai sektor industri, sekaligus memastikan tata kelola data yang berdaulat.


Kolaborasi ini akan berfokus pada solusi AI untuk sektor jasa keuangan Indonesia yang merupakan salah satu pilar utama perekonomian negara. Dengan menggunakan platform AI Refinery, Accenture akan menyediakan solusi siap pakai yang dapat secara signifikan mengurangi waktu untuk menghasilkan nilai, dengan arsitektur modular yang dapat memenuhi kebutuhan klien di berbagai tahap perjalanan AI mereka. 


Solusi ini memungkinkan bank-bank di Indonesia memanfaatkan AI untuk meningkatkan profitabilitas, efisiensi operasional, dan pertumbuhan yang berkelanjutan dalam pasar yang sangat kompetitif


Teranyar, UiPath (NYSE: PATH), penyedia solusi otomatisasi dan AI B2B terkemuka di dunia, mngumumkan kemitraan dengan Indosat untuk membekali 100 ribu talenta digital di Indonesia dengan kemampuan otomatisasi (Enterprise Automation) hingga tahun 2027. 


Inisiatif ini bertujuan mempersiapkan talenta digital dalam mendukung transformasi Indonesia menjadi pusat talenta AI dan otomatisasi global.


Sebagai bagian dari kolaborasi ini, UiPath akan melengkapi kurikulum IDCamp Indosat dengan mengintegrasikan pelatihan otomatisasi. Program ini akan menyediakan pelatihan mengenai otomatisasi, membuka peluang bagi para peserta untuk memperoleh sertifikasi sebagai UiPath Certified Professional.


Tujuan utama Indosat adalah memberdayakan Indonesia melalui pemanfaatan teknologi termutakhir. Memiliki kesamaan visi serta memahami potensi teknologi UiPath dalam mendorong percepatan pertumbuhan dan transformasi lintas industry di Indonesia menjadi pertimbangan utama dalam kemitraan ini. 


"Kolaborasi bersama UiPath menyasar pada peningkatan daya saing Indonesia dan memberikan peluang bagi masyarakat untuk terus berkembang di era digital. Kami percaya langkah strategis ini dapat berkontribusi secara signifikan terhadap masa depan Indonesia sebagai pusat talenta digital di kancah global.” kata Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison.


UiPath memperluas kolaborasinya dengan Indosat untuk menghadirkan dua modul berbasis web yang terspesialisasi tentang pengembangan otomatisasi (automation development) dan pengembangan masyarakat (citizen development) dalam kurikulum IDCamp, program pelatihan coding yang dilaksanakan Indosat secara daring. 


Kedua modul baru yang meliputi UiPath Automation Explorer dan UiPath Citizen Developer ini merupakan kelanjutan dari sinergi yang sebelumnya sudah terjalin untuk mendorong pendidikan digital dan pemberdayaan teknologi, khususnya dalam membekali para peserta IDCamp dengan kemampuan otomatisasi.


Peserta IDCamp dapat mengakses materi pembelajaran yang komprehensif tanpa dipungut biaya, dari kursus-kursus mengenai teknologi intelligent automation hingga sertifikasi UiPath Certfiied Professional dan UiPath Academic Alliance dalam bentuk perangkat lunak (software). 


Peserta juga akan mendapatkan peluang untuk terkoneksi dan berjejaring dengan komunitas profesional maupun pengguna teknologi otomatisasi dari seluruh dunia.


Sejak diluncurkan, IDCamp telah dikuti oleh lebih dari 273 ribu orang. Program ini menggabungkan use case konkret serta mendukung para lulusannya untuk mendapatkan sertifikasi dan mencari peluang kerja di mana pun di seluruh dunia. 


Kemitraan ini juga akan memperluas UiPath Academic Alliance di Indonesia yang telah melibatkan lebih dari 18 institusi pendidikan vokasional dan berdampak kepada lebih dari 8 ribu pelajar. Indosat akan mendukung institusi-institusi tersebut melalui proyek-proyek kolaboratif, seperti lokakarya serta kegiatan lain yang menerapkan teknologi AI dan otomatisasi guna menjawab tantangan-tantangan riill

 

Kini, Indonesia memulai perjalanan menuju keunggulan teknologi dan daya saing global, dan Indosat berdiri di garis depan, mendorong bangsa ini menuju masa depan inovasi, peluang, dan kemajuan. 


(han)


CLOSE ADS
CLOSE ADS
close