Notification

×

Konferensi Internasional ICI-SD 2024 Bahas Sinergi Ekonomi Islam, Wirausaha, dan Maqashid Syariah untuk SDGs

17 Oktober 2024 | Oktober 17, 2024 WIB Last Updated 2024-10-17T09:18:38Z

Keynote speaker The 2nd International Conference on Islamic Economics and Sustainable Development (ICI-SD) yang membahas beragam topik terkait ekonomi Islam dan perannya dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Foto: Istimewa)


MANADO, indinews.id - The 2nd International Conference on Islamic Economics and Sustainable Development (ICI-SD) atau Konferensi Internasional tentang Ekonomi Islam dan Pembangunan Berkelanjutan yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Manado membahas tentang sinergi ekonomi Islam, wirausaha, dan Maqashid Syariah untuk Sustainable Development Goals (SDGs)


Konferensi ini menghadirkan tiga keynote speaker yang membahas beragam topik terkait ekonomi Islam dan perannya dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).



Keynote Speaker pertama, Prof. Dato SR Dr. Mohaizi Mohamad selaku Presiden University Geomatika Malaysia (UGM) menyampaikan tema “Implementing Educational Leadership & Islamic Economics For SDG’s.” 


Dalam paparannya, dia membahas konsep Understanding VUCA World yang mencakup volatilitas, ketidakpastian, kompleksitas, dan ambiguitas dalam dunia modern, serta bagaimana masyarakat 5.0 dan ekonomi Islam dapat berperan dalam mencapai SDG’s. 


Selain itu, beliau menyoroti pentingnya menyesuaikan gaya kepemimpinan, pengambilan keputusan strategis, serta faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja perempuan wirausaha di Malaysia.


Keynote Speaker yang kedua Prof. Dr. Tulus Suryanto, MM, AKT, CA selaku Ketua Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (AFEBIS) menyampaikan tema “Engaging Society 5.0: Induction and Implementing The Foundational Principles of Islamic Economics for SDG’s.” 


Beliau menguraikan pentingnya penggabungan prinsip-prinsip dasar ekonomi Islam dalam mendukung pengembangan masyarakat 5.0, sebuah konsep di mana manusia dan teknologi bersinergi untuk kesejahteraan sosial dan ekonomi.



Keynote Speaker ketiga Prof. Dr. Zulfahmi bin Rashid dari University Geomatika Malaysia juga hadir sebagai keynote speaker dengan tema “Factors Influencing Women Entrepreneurs in Malaysia Towards Business Performance on SDGs.” 


Beliau menyoroti faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan wirausaha perempuan di Malaysia serta kontribusi mereka dalam mencapai SDGs, khususnya dalam aspek pemberdayaan ekonomi dan kesetaraan gender.


Dalam penutupan, para pembicara menegaskan bahwa SDGs erat kaitannya dengan Prinsip-Prinsip Maqashid Syariah. Terdapat 17 indikator global SDGs yang meliputi berbagai aspek mulai dari pengentasan kemiskinan (Poverty), kesejahteraan ekonomi (Economic Welfare), energi, hingga isu kesehatan dan kesejahteraan (Health and Wellbeing). Manusia dan entitas usaha diharapkan dapat menyeimbangkan aktivitas 3P (People, Profit, dan Planet). 


People mengacu pada aktivitas usaha yang harus mempertimbangkan kesejahteraan masyarakat, Profit mengacu pada keberlanjutan usaha dengan cara memperoleh laba secara berkelanjutan, dan Planet menekankan pentingnya perusahaan memperhatikan lingkungan serta kesejahteraan planet dalam menjalankan aktivitasnya.



Konferensi ICI-SD 2024 ini menjadi ajang diskusi yang penting dalam menyelaraskan prinsip-prinsip ekonomi Islam dengan tantangan dunia modern, termasuk dalam mencapai SDGs. Dari berbagai sudut pandang, para keynote speaker memberikan wawasan mendalam tentang kepemimpinan pendidikan, ekonomi Islam, dan peran perempuan wirausaha dalam mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

(han)


CLOSE ADS
CLOSE ADS
close