Notification

×

Meriahnya Puncak Perayaan Peringatan HUT Ke-79 TNI di Kawasan Megamas

5 Oktober 2024 | Oktober 05, 2024 WIB Last Updated 2024-10-05T11:05:53Z

Kemeriahan Puncak Perayaan Peringatan HUT Ke-79 TNI di Kawasan Megamas Manado (Foto: Istimewa)

MANADO, indinews.id - Puncak Perayaan Peringatan HUT ke-79 TNI Tahun 2024 berlangsung meriah. Peringatan yang mengambil tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju” digelar di Kawasan Megamas Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (5/10/2024).


Kemeriahan peringatan diiawali oleh pelaksanaan Upacara dilanjutkan penampilan Para Motor dari TNI AU, penampilan juara lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB) tingkat SMA dan SMP se-Sulut, penampilan atraksi Bela Diri Taktis (BDT) TNI, Parade/Defile prajurit dan Alutsista, pemberian Sembako kepada masyarakat, pemotongan tumpeng dan ditutup acara hiburan.


Tema "TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju” itu sangat relevan dalam merefleksikan cita-cita, semangat dan tujuan TNI sebagai prajurit yang Profesional, Renponsif, Integratif, Modern dan Adaptif (PRIMA) dalam menjaga dan mengawal kelangsungan hidup bangsa dan negara.      


Makna yang terkandung dalam tema tersebut adalah bahwa Prajurit TNI sebagai pilar Pertahanan Negara memiliki peran dan kontribusi dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah NKRI.


Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., dalam amanat tertulisnya yang di bacakan oleh Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto, S.E., M.Si., selaku Inspektur Upacara (Irup) menyampaikan bahwa perubahan lingkungan strategi yang terus berkembang secara dinamis dan semakin kompleks yang diikuti perkembangan politik, ekonomi dan teknologi, selain telah menciptakan dimensi dan metode peperangan baru, juga membawa dampak disruptik di segala bidang.    


“Perkembangan situasi ini juga harus terus diikuti dan menjadi dasar penyiapan kapabilitas TNI dari waktu ke waktu, TNI membutuhkan SDM yang memiliki visi ke depan dan kemampuan yang inovatif dalam membangun TNI yang modern, lebih kuat dan profesional,” ujar Panglima TNI.


Panglima TNI menambahkan bahwa TNI harus selalu melaksanakan konsolidasi kekuatan, melengkapi dan meningkatkan kesiapan Alutsistanya. 


“Hal ini juga diikuti dengan peningkatan kemampuan SDM melalui upaya pembangunan Postur TNI yang ideal sesuai dengan kebijakan pertahanan negara,” kata Jenderal Agus.


Dikesempatan yang sama Panglima TNI juga menyampaikan rasa hormat dan apresiasi kepada seluruh prajurit atas dedikasi dan integritas dalam menjalankan tugas, sehingga TNI sampai saat ini terus mendapatkan kepercayaan dan tempat dihati rakyat Indonesia. 


Turut hadir, Kapolda Sulut Irjen Pol Roycke Harry Langie, Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Bagus Suryadi Tayo, Kapoksahli Pangdam Brigjen TNI Wakhyono, Danrem 131/Stg Brigjen TNI Martin Susilo Martopo Turnip, Danlantamal VIII Manado Laksma TNI Franki Pasuna Sihombing, Danlanudsri Marsma TNI Ramot Sinaga, Sekda Sulut Steve Kepel mewakili Gubernur Sulut, para Asisten, Dan/Kabalak Kodam XIII/Merdeka, Ketua Dharma Pertiwi Daerah M Ny. Fenti Candra Wijaya beserta pengurus. (han)


CLOSE ADS
CLOSE ADS
close